Capaian Pembelajaran

CAPAIAN PEMBELAJARAN
a. Capaian Pembelajaran Umum
Sesuai deskriptor KKNI level 6 paragraf 4, Bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi
1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa (CP-S1)
2. Mampu menjadi warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung kehidupan yang damai dan harmonis (CP-S2).
3. Memiliki integritas dan komitmen yang tinggi terhadap kecendikiaan dan profesinya di dalam menyelesaikan tugasnya (CP-S3).
4. Memiliki sikap, kepribadian, dan karakter yang mencerminkan nilai-nilai pendidikan(CP-S4)
5. Menampilkan ahlak mulia dalam kehidupan profesional, keilmuan, dan kemasyarakatan(CP-S5).
Bidang kajian Umum, meliputi: Pendidikan Agama, Pendidikan Pancasila, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Pendidikan Sosial dan Budaya.
b. Kemampuan di bidang Kerja.
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi
1. Mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogis matematika serta keilmuan matematika untuk merencana-kan pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS yang berorierentasi pada kecakapan hidup (life skills).
2. Mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogis matematika serta keilmuan matematika untuk melaksanaan pembelajaran inovatif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar berbasis IPTEKS dan berorierentasi pada kecakapan hidup (life skills).
3. Mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogis matematika serta keilmuan matematika untuk melakukan evaluasi dengan memanfaatkan IPTEKS yang berorierentasi pada kecakapan hidup (life skills).
4. Merancang dan melaksanakan penelitian serta melaporkan dan mempublikasikan hasilnya, sehingga dapat digunakan sebagai alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan matematika
5. Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan Lembaga Pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif. (PS)
6. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam penye-lenggaraan kelas, sekolah, dan Lembaga Pendidikan yang menjadi tanggungjawabnya. (PS)

c. Pengetahuan yang harus dikuasai.
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan ter-tentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus da-lam bidang penge-tahuan tersebut secara mendalam, serta mampu mem-formulasikan penyelesaian masalah procedural
1. Mampu mengkaji dan mengem-bangkan berbagai metoda pem-belajaran yang telah tersedia secara inovatif dan teruji. (PS)
2. Menguasai konsep matematika yang diperlukan untuk melak-sanakan pembelajaran di satuan pendidikan dasar dan menengah
3. Menguasai konsep matematika yang diperlukan untuk studi ke jenjang berikutnya.
4. Menguasai konsep dan prinsip didaktik-pedagogis matematika serta keilmuan matematika un-tuk merencanakan pembelajaran berbasis IPTEKS.
5. Menguasai konsep dan prinsip didaktik-pedagogis matematika serta keilmuan matematika un-tuk melaksanaan pembelajaran inovatif berbasis IPTEKS.
6. Menguasai konsep dan prinsip didaktik-pedagogis matematika serta keilmuan matematika un-tuk melakukan evaluasi berbasis IPTEKS.
7. Menguasai pengetahuan factual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan. (PS)

d. Kemampuan manajerial.
Mampu mengam-bil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu membe-rikan petunjuk da-lam memilih ber-bagai alternative solusi secara man-diri dan kelompok
1. Mampu mengambil keputusan strategis di bidang pendidikan matematika berdasarkan infor-masi dan data yang relevan
2. Mampu mengelola sumber daya pendidikan matematika, organi-sasi, dan mengkomunikasikan hasil pengelolaannya secara ber-tanggung jawab kepada pemangku kepentingan.
3. Mampu melakukan penelitian secara mandiri atau kelompok yang dapat digunakan untuk memberikan petunjuk kepada pemangku kepentingan dalam memilih berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang pend. matematika.(Peneliti)
4. Mampu mempublikasikan gagasan dan hasil penelitiannya yang berkaitan dengan bidang pendidikan.(Penulis)
5. Mampu berkomunikasi dan beradaptasi dengan lingkungan kerja dan masyarakatbaik lokal, nasional, regional, maupun intenasional

Comments are closed